Saturday, November 29, 2008

Obrolan di belakang layar

Andrei B.

Pheeww akhirnya blog ini ke isi lagi, sorry banget, udah di anggurin sampai berkarat :p, kesibukan akhir2 ini yang menyita waktu saya gak lain karena nunggu “beranak” nya buku pertama. Gak mudah ternyata menangani ini untuk skala independen, dari cari percetakan yang bagus, sampai mikirin ke masalah teknis2 lain. Gak mudah, sumpah!.

Hal pertama tentu saja merampungkan jurnal travellous ini untuk dibukukan sampai selesai, dan ketika semua sudah rampung, tahapan berikutnya tentu saja harus melewati tangan seorang editor handal, demi mendapatkan tulisan yang bukan hanya menarik namun juga baik secara bahasa. Sewaktu memikirkan tentang sosok editor yang tepat untuk menangani tulisan jurnal ini, satu nama langsung keluar gitu aja, seorang blogger wanita yang kebetulan berprofesi sebagai editor di sebuah majalah di Jakarta. Wanita yang beken cuma dengan 4 huruf, Enno. Walau sekalipun dia bukan seorang editor pun, saya pasti akan nodong dia buat “benerin” tulisan2 saya, lantaran saya termasuk penggemar tulisan2 nya di blog.

Obrolan:

Andrei: Mau ya ngeditin tulisan saya?

Enno: Boleh..boleh Rei, gue tertantang!

Andrei: Seeph laaah! Tar besok gue kirim!

Enno: Berapa banyak Rei?

Andrei: Yaaah paling kalo dah jadi novel, sekitar 300 an halaman

Enno: ……

Andrei: Counting on u banget loh Jeung!

Enno: …..

Andrei: Seminggu harus selesai!

Enno: PENYIKSAAN!!!

Selanjutnya, tinggal cari sang pembuat cover, unik juga jodohnya saya sama si pembuat cover ini, Anton. lantaran dia pernah kasih komen ke postingan saya, sewaktu saya bilang mau nerbitin novel, nah pas main ke blog nya dia, ternyata karya2 nya dia bagus2 dan sepertinya ide yang saya mau buat untuk cover bisa di “bungkus” dan di eksekusi dengan baik sama lajang satu ini (lu masih lajang kan Ton?) :p

Obrolan:

Andrei: Bro, ide cover yang rada2 surealis tapi ngepop itu gue suka banget!

Anton: Oh itu belum seberapa Bro, masih ada yang lebih hebat Bro!

Andrei: Wuiih dashyat. Btw, tau blog gue dari mana Bro?

Anton: Blog walking laah, lagian gue sudah ketemuan sama para blogger yang lain!

Andrei: Siapa aja?

Anton: Rahasia, yang jelas cewek laah Bro! (icon kedip mode on)

Andrei: Wuiih kasih nama dong, berapa hurup? Hurup depannya apa?

Anton: Emangnya TTS!

Selanjutnya tinggal nyari si tukang bikin web khusus buat novel saya, teringat lagilah teman sekelas sewaktu di Lyon, Alex. cowok Rusia yang emang freak ama yang namanya dunia komputer, mungkin kalo dia punya anak bakal dinamain MAC.

Obrolan:

Andrei: Hola my Bro!

Alex: Who is this?

Andrei: Andrei from Indonesia

Alex: Oooow Miss In….

Andrei: Shut up! Please!

Alex: Aya naon?

Andrei: Heh?

(Sorry salah ketik yang di atas)

Alex: So, what’s new?

Andrei: Bikinin gw Web ya?!

Alex: Heh?

Andrei: Sorry, Forgot if u can’t speak Indonesia

Alex: No problem, so kunaon atuh?

KACAU!!!!

Yaah intinya, saya ama dia emang jarang nyambung kalo ngomong. Makanya rada “mikir” apa dia mampu menerjemahkan keinginan saya?. Tapi jangan di tanya tentang kemampuan dia di bidang tekno. Wahid lah!

Selanjutnya…..

Obrolan:

Andrei: Halo Dian sastro?

Dian sastro: Siapa?

Andrei: Iki Aguus, Talking…Talking..!!!

CRAP!

Andrei B. / Author & Editor

Saat ini bekerja sebagai senior copywriter di perusahaan Consulting Creative di Jakarta

Coprights @ 2016, Blogger Template Designed By Templateism | Re-design By Andrei