Saturday, August 16, 2008

TER...

Andrei B.
Maaf kalo akhir2 ini saya jarang sekali nulis blog, banyak kesibukan, karena bagi saya kalo nulis blog itu harus bener2 punya waktu luang, agar kiranya tulisannya inspiratif, bukankah menulis itu harus memiliki pesan dan kesan untuk pembacanya?Sekali2 saya pengen banget menulis di luar konteks cerita backpacker saya, seperti menceritakan novel atau film favorit saya, ataupun hal2 yang menyenangkan pada sepanjang minggu yang saya alami (tentunya di luar konteks backpacker), kepikiran juga untuk membukukan blog ini jadi sebuah novel, ide ini tercetus lantaran teman saya di Bandung, cewek backpacker yang udah membukukan blognya, Marina S. Kusumawardhani. Denger2 ni bukunya laris manis di Indonesia, tentang perjalanannya keliling Eropa selama 6 bulan hanya 1000$, saya masih ingat waktu dulu sebelum dia pergi bertualang ke Eropa, sewaktu saya masih tergila2 sama si gadis kota hujan dan membutuhkan konsultan cinta, dia nginep semalem di rumah saya di Bogor. Waktu itu saya masih inget dia bela2 in ke Bogor bukan cuma karena proyek traveling 1000$ tapi juga lantaran pengen tau si gadis kota Hujan. Ada2 saja waktu itu. Postingan kali ini saya ingin menulis novel2 mana saja yang TER menurut versi saya pribadi, karena banyak imel yang masuk ke saya menanyai novel2 mana yang saya sukai, yang mempengaruhi saya sedikit banyak. Jujur saja saya kurang suka novel barat. Saya penggemar novel Indonesia, bermula dari bacaan Lupus, si Hilman Hariwijaya dan novel Balada si Roy (Golagong), kedua novel itu yang membesar kan saya dalam dunia khayal yang mereka ciptakan, saya besar sebagai penulis karena kedua buku itu. Dewasa ini generasi baru penulis2 Indonesia bermunculan, namun hanya sedikit yang benar2 berkualitas, berikut adalah novel2 dan penulis terbaik versi saya:

Terlucu: Gege mengejar cinta, & Jomblo
Penulis bernama lengkap Aditya Mulya ini digadang2 sebagai penulis “Lupus ke dua”, ia nya mampu membangun cerita yang membuat pembacanya tertawa dengan kepiawaiannya mengolah komedi yang update dan cerdas, novelnya dengan judul di atas yang saya sebut, adalah novel lucu yang saya baca, gak heran penulis ini punya penggemar ribuan umat yang selalu setia menanti terbitnya novel barunya.


Terinspirasi dan Termotivasi: Laskar pelangi Tetralogi, siapa yang gak kenal novel ini, yang menjadi best seller sepanjang abad dunia pernovelan tanah air, gak heran penutup tetralogi ini sudah banyak sekali dinantikan penggemar si penulis, Andrea Hirata. Termasuk film nya laskar pelangi yang digarap oleh Riri Riza, butuh waktu bertahun2 kedepan untuk menemukan penulis Indonesia semacam Andrea dengan karya semacam itu, no doubt laah!





Tergugah: 5 CM, buku ini bikin saya semakin mencintai Indonesia, cara penulis menuangkan gagasan cinta pada tanah air dalam novel ini dengan kemasan anak muda yang segar, benar2 membuat novel ini patut dikoleksi, apalagi menjelang perayaan kemerdekaan negara kita ini. Sayang Donni dirgantoro si penulis tidak lagi melanjutkan proses kreatif nya. Padahal saya cukup menantikan novel keduanya, konon banyak yang menyebutkan kalo novel ini juga gak luput dari incaran para produser untuk dibuat filmnya (tapi sampai sekarang belum juga terdengar berita realisasi sesungguhnya)

Tersedih, Teromantis dan Gak habis pikir: Always Laila, Hanya cinta yang bisa
Nah lo, yang sudah pernah baca buku ini pasti langsung teriak2 setuju!, mungkin ulasan ini akan sedikit subyektif. Jujur saja penulis yang mengaku si miskin dan sombong ini bikin saya, teman2 saya, keluarga saya, langsung nangis2 darah baca novel ini, Asli!. Cerita tentang cintanya Laila dan Prameswhara sangat menghanyutkan, Saya sampai iri setengah mati sama bakat penulis ini, bisa2 nya dia bikin cerita segombal, seindah dan seromantis itu, Jujur saja saya sudah baca berulang kali (sampai 5 kali) tapi gak pernah bosen. Semoga ada produser yang memfilmkan novel ini, sungguh saya menantinya (jangan2 malah saya kelak yang memfilm kannya? Hehehehe).

FYI kenapa saya bilang di atas gak habis pikir, karena novel ini berhenti cetakannya pada cetakan ke enam (kalo ga salah), dan setelah itu jangan harap novel ini kamu temukan di toko2 buku besar (kalo beruntung bisa di temukan sisanya di toko2 kelas dua seperti Toga mas, sosial agency, dll) novel ini sudah gak dicetak ulang lagi, Bullshit kalo di bilang gak laku, dengan cerita dan gaya penulisan seperti itu, entah pertimbangan apa? Karena bagi saya inilah novel pertama yang saya baca yang mengisahkan cinta pada masa SMA sampai masa kerja yang sama sekali GAK ADA kontak fisik (pegangan tangan, pelukan, ciuman, apalagi SEX), justru itu yang buat indah. Aneh saya curiga, apa karena hal tersebut novel ini gak pernah dicetak lagi? (yang ada novel2 penuh cerita birahi yang massif di pasaran), makanya gak heran saya punya koleksi lengkap buku2 nya, novel kedua nya yang berjudul Love for show, gak kalah menarik, dengan cerita yang jauh berbeda namun sama sekali gak kehilangan sentuhan si penulis (makin salut saya), sayang novel ke tiganya yang berjudul ruang rindu (adaptasi dari lagu Letto) yang super tipis, langsung bikin saya kecewa, mungkin karena cerita adaptasi, bukan langsung dari buah pikirannya sendiri (tetep saya kecewa sebagai penggemar beratnya). Ngomong2 ada yang pernah baca novel Always Laila?

List novel di atas itulah yang sudah banyak mewarnai hari2 saya, dan menginspirasi saya, masih banyak sebenernya penulis2 bagus yang juga layak untuk disebut, tapi lagi2 yaaa mereka2 laah yang TER menurut versi saya.

Anyway selamat hari Ulang Tahun Bangsaku, semoga kita benar2 sudah “Merdeka”!

***

UPDATE
Banyak sekali hal2 yang sudah terjadi hanya saja memang butuh waktu yang tidak sedikit jika bercerita lewat runtutan cerita yang jelas, semoga foto2 update ini bisa bercerita banyak ;)

Bercerita lewat photo



Kebiasaan ngeteh di sore hari masih dijabanin,dimanapun berada! Aah, waktu itu saya rindu kopi kapal api :p




a.Suka banget ama foto Julls yang dirangkul, tampak natural sekali,
kopi susu kalo mau di kasih judul :p

b. Ada sesuatu yang akan mengingatkanmu tentang aku







a. Ling yang lagi ngerjain proyek film terakhir nya
b. Jadi model dadakan, sebenernya ni anak mau jadi film maker apa model? Hehehe!

Mendekati perpisahan, mendekati asa dan keputusan yang belum teraba, mendekati air mata yang mulai menepi dari sebentuk lambaian perpisahan, serta untuk persahabatan dan cinta sekaligus!

Andrei B. / Author & Editor

Saat ini bekerja sebagai senior copywriter di perusahaan Consulting Creative di Jakarta

Coprights @ 2016, Blogger Template Designed By Templateism | Re-design By Andrei